Minum Jamu Plus Plus di Acara Gelar Produk UKM Alun-Alun Sewandanan

by - September 07, 2019




Ngomong-ngomong soal jamu, ingatan ummik langsung melayang ke beberapa tahun silam. Saat itu ummik masih kinyis-kinyis, imut dan menggemaskan. Yah, kira-kira usia lima tahun lah. Tiap sore di komplek perumahan kami di Bekasi, sering lewat seorang mbak-mbak cantik dengan baju kebaya dan bawahan jarik menggendong tenggok yang berisi botol-botol berisi jamu. “Jamune, Paaaak! Jamune, Buuuu!” Bagai terhipnotis oleh suaranya, uti dan akung jadi hobi banget manggil mbak jamu. Apalagi si mbak jamu ini asalnya sama-sama dari Jogja seperti uti akung, klop lah, bagaikan tali kasih para perantau. Jamunya macam-macam, tapi waktu itu ummik hanya boleh mimik beras kencur plus juruh gula merah untuk menetralisir rasa getir beras kencur. Sejak saat itulah ummik jadi suka minum jamu.


Kreativitas Para Pelaku UKM dalam Membuat Jamu Plus-Plus


Beras Kencur Plus- Plus

Nah, sore ini ummik, akung, Salim dan budhe Pina main ke alun-alun Sewandanan untuk cuci mata. Seperti biasa PLUT KUMKM DI Yogyakarta bekerjasama dengan Dinas Koprasi UKM DI Yogyakarta memfasilitasi para pelaku UKM untuk mempromosikan serta menjual produk mereka dalam gelar produk UKM.

Eh lah malah dapet bonus, begitu sampai sana ternyata para bregada alias prajurit Kraton Pakualaman sedang baris-berbaris. Salim kelihatan antusias melihat om-om dengan seragam khas prajurit itu membentuk formasi baris. Sedangkan ummik sudah keburu haus karena hari ini Jogja puanasnyaaaa minta ampun.

Akhirnya kelompok pun berpencar. Akung, Salim, dan bude Pina nonton tonti ala Kraton, ummik langsung cari minum ke gelar produk UKM.

Stand pertama yang ummik jumpai adalah stand Luve Rempah. Botol-botol jamu berderet manis di atas meja. Beberapa isinya jamu siap minum, beberapa berisi jamu bubuk yang bisa diseduh di rumah. FYI, bukan kali ini saja ummik ketemu Luve Rempah. Dulu saat PLUT DIY mengadakan acara Grebeg Lebaran di tempat yang sama, akung sempat memborong produk Luve Rempah dan menyesal karena cuma beli beras kencur sebotol.

Pas banget kan, hausnya ummik udah muntup-muntup ditambah ada rasa dendam yang harus dibayarkan. Langsung ummik ambil beras kencur.

Dan cerita pun dimulai. Ternyata beras kencur ini bukan sembarang beras kencur, tapi beras kencur plus-plus karena ditambah kapulaga, kayu manis, dan juga kembang lawang. Makanya rasanya beda dengan beras kencur lain. Ada seger-seger yang khas. Warnanya juga beda, beras kencur rempah ini agak kemerahan. Bu Sasmito selaku owner bilang, beras kencur dengan tambahan rempah jadi punya khasiat lebih. Salah satu khasiat kembang lawang adalah untuk anti oksidan, sedangkan khasiat kapulaga untuk melancarkan sirkulasi darah.

Penilaian
Rasa : 80
Kemasan : 70
PIRT : YES
Logo Halal : Belum
Harga : Rp 6000/ botol



Madu Plus- Plus

Selanjutnya, ummik ketemu dengan Pak Abdul Aziz Hakim. Beliau jual madu empon-empon dengan brand Mas PonJo. Pak Abdul Aziz ini humoris, ummik curiga jangan-jangan side job nya stand up comedy. Begitu ummik sampai di stand nya beliau langsung menawari tester.

“Dicoba dulu ya, Mbak.”

Varian yang beliau tuang ke sendok adalah madu jahe emprit, “Aduh, pedes nggak nih?”
“Monggo dicoba dulu. Jangan langsung ditelan ya. Proses menikmati makanan itu gitu, dirasakan dulu di lidah,” mirip gaya Pak Bondan Winarno (alm).

Kok yo ummik manut lho. Sesendok madu jahe itu ummik biarkan melakukan salsa di atas lidah. Dan tahukah anak-anakku? Ummik terkejoet terheran-heran, rasanya perfect! Pedas, manis, sedikit asin. Unik lah. You must try! Nanti nomor HP para penjual yang ummik review di sini akan ummik share di akhir postingan ya.Oh iya, selain madu jahe emprit, ada juga madu temulawak untuk menambah nafsu makan. Lalu madu bawang lanang. Bawang lanang ini sedang ngehits di dunia herbalist, karena konon katanya bawang lanang punya banyak khasiat, salah satunya menurunkan kolesterol.

Ummik sengaja beli satu madu jahe emprit buat akung, soalnya akung akhir-akhir ini lagi banyak kerjaan. itulah ikhtiar kita untuk menjaga stamina, ya khaaaaan??

penilaian
Rasa : 85
Kemasan : 70 (Disegel dan botol kaca sih, hanya saja untuk harga yang lumayan, nampaknya desain kemasan bisa dibikin lebih baik lagi)
PIRT : Belum 
Logo Halal : Belum
Harga : Rp 60.000/ botol





Jahe Plus-Plus

Persis di depan stand madu plus-plus ada jahe plus-plus Sumber Berkah. Menurut ummik, dari semua stand, jahe Sumber Berkah ini paling niat. Rapi! Nah plus nya adalah jahe serbuk yang mereka jual mengandung jeruk nipis. Begitu ummik coba di rumah, segeeer dan ada kecut-kecutnya dari si jeruk nipis. Selain itu mereka juga concern dengan kehalalan produk lho. Seneng ummik tuh, kalau UKM memperhatikan banyak detil termasuk PIRT dan Halal. Gini lho, produk yang nggak ada halal MUI nya memang belum tentu haram, tapi ketika kita lihat si bulet ijo mungil itu mejeng di kemasan, sebagai seorang muslim rasanya hati menjadi lebih tentram. Iya nggak sih?

Semoga teman-teman pelaku UKM lain bisa segera mencantumkan PIRT dan Halal. Kalau bingung bagaimana caranya, sila langsung tanya ke teman-teman di PLUT, insyaAllah akan dibantu dengan setulus jiwa.

penilaian
Rasa : 75 (Untuk sachet, ummik belum tahu untuk rasa jahe yang sirup)
Kemasan :85
PIRT :YES
Logo Halal : YES
Harga : Rp 4000/ sachet



Jamu And Its Life Lessons

Minum jamu selain membuat kita sehat ternyata juga memberi pelajaran hidup. Dari jamu ummik tahu, bahwa kadang untuk memperoleh sebuah kebaikan, kita musti rela menenggak kepahitan. Dan jangan sedih, karena sebagaimana janji Allah dalam Al-Quran, setelah kesulitan pasti ada kemudahan. Setelah kepahitan dan kegetiran jamu, ada juruh manis yang menjadi obat, eaaak. Percaya deh kata ummik.

Kreativitas teman-teman pelaku UKM telah membawa jamu goes to the next level, atau naik kelas. Sekarang kita bisa lihat dari banyaknya modifikasi ramuan jamu. Esok mungkin kita akan dikejutkan dengan kemasan jamu yang out of the box. Ummik yakin UKM bisa dan ummik akan selalu mendukung perjuangan para pahlawan ekonomi kita.




Nb:
Buat anak-anakku yang ingin beli produk dari Luve Rempah, Mas PonJo, dan Jahe Sumber Berkah, catet nomor ini yhaa:
Luve Rempah (Ibu Sasmito) 081510888077
Mas PonJo (Pak Abdul Aziz)08121574431
Sumber Berkah (Mbak Berti) 08156899555

Yogyakarta, 7 September 2019
22.24 wib
Ditemani secangkir jahe jeruk nipis

  

You May Also Like

0 Comments

Diberdayakan oleh Blogger.