Tips Dapat Omzet Cetar Dari Warung Pintar Buat Modal Ngelamar Pacar

by - September 14, 2019




Sebuah percakapan mengerikan,

"Apa kerjaan kamu?"
"Saya punya warung, Om."
"Warung apa?"
"Warung kelontong, Om."
"Apaaaa?!!! Kamu pikir saya nggak tahu, jaman sekarang banyak warung kelontong yang mati segan hidup tak mau. Kalah saing sama olshop dan minimarket. Memangnya kamu yakin bisa ngehidupin anak saya dari warung kamu itu, hah?!"
"Emm..."

Hayo, siapa di sini yang punya keinginan ngelamar anak orang tapi maju mundur ganteng karena pekerjaannya dinilai kurang bonafit oleh camer (calon mertua)? Kalau kamu pedagang kelontong dan diperlakukan seperti itu, jangan sedih ya, apalagi menyerah untuk melaksanakan niat baik menikah.

Setiap orang tua ingin anak gadisnya dapat lelaki yang bisa membahagiakan dia seperti mereka membahagiakan anaknya, bahagia secara psikologis dan juga finansial. Itu wajar banget. Orang tua nggak mau dong, anak yang udah disayang-sayang selama bertahun-tahun, giliran nikah jadi terlunta-lunta. Nah, tinggal kamunya nih, mau menganggap hal tersebut sebagai hinaan yang bikin kamu sakit hati terus mundur teratur, atau menganggapnya sebagai tantangan yang bikin semangatmu pantang kendur.

Kalau kamu memilih yang kedua, selamat, Bro! Tandanya kamu memang calon suami idaman.

Terus sekarang gimana nih caranya agar pekerjaan kamu sebagai pedagang kelontong bisa meyakinkan camer untuk mempercayakan anak gadisnya ke kamu?

Gampang... .

Yuk merdekain warungmu dan jadikan warungmu warung pintar!

Warung Pintar, Apaan Tuh?

Warung pintar adalah warung yang bisa membuat pembelinya bilang, "Urusan belanja, aku maunya ke warung si A aja deh. Nggak mau ke yang lain." 

Bukan hanya itu, tanpa diminta mereka akan mengajak tetangga, saudara, teman, dan siapa pun yang mereka kenal untuk ikut belanja di warungmu. 

Tips Menyulap Warungmu Menjadi Warung Pintar 

Untuk mendapatkan pembeli loyal, yang dengan senang hati merekomendasikan warungmu ke yang lain, tentu dibutuhkan usaha.

Tenang, nggak susah kok. 

Baca sampai habis, ya... .

1. Melayani dengan setulus hati adalah koentji

Kamu pasti akrab dengan peribahasa, pembeli adalah raja, kan?

Sebenarnya peribahasa tersebut nggak salah sih. Tapi yang lebih tepat, pembeli adalah sahabat. Posisikan dirimu sebagai sahabat para pembeli yang mencoba menolong mereka dengan menyediakan ragam kebutuhannya. Dengan memosisikan diri sebagai sahabat, akan ada ikatan emosional antara penjual dan pembeli. Pembeli bisa bebas berkeluh kesah kepadamu, dan siapa tahu warungmu bisa menyediakan solusi. Ingat, rejeki itu tidak harus selalu berwujud materi, punya banyak sahabat baik, juga sebuah rejeki yang harus disyukuri.

Kalau kamu punya karyawan yang ditugaskan menjaga warung, pastikan mereka  sama baiknya denganmu dalam menolong pembeli. Mungkin kamu bisa menanamkan prinsip dari Aa Gym ini untuk karyawanmu -- Pertama prinsip 5 S (Senyum, salam, sapa, sopan, santun), dan mantra 3A (Aku aman bagimu, aku menyenangkan bagimu, aku bermanfaat bagimu).

Pembeli mana yang tidak bahagia diperlakukan semanis itu. Apalagi kalau senyummu sudah manis dari sananya, pembelimu bisa auto bolak balik.



2. Bersih Pangkal Laris
Orang pasti senang dengan sesuatu yang bersih dan teratur, bayangkan jika begitu masuk warung yang dilihat adalah noda-noda di tembok, etalase yang jadi sarang spiderman eh laba-laba, bahkan parahnya terdengar suara cicit tikus di mana-mana. Euuuh, ini warung atau tempat uji nyali?

Jika kamu ingin punya warung pintar yang membuat pembeli betah berlama-lama, pastikan bahwa warung mu bersih. Etalase maupun rak harus dibersihkan secara berkala. Kalau perlu cat ulang rak-rakmu yang sudah kusam agar nampak lebih cerah. Berikan juga pengharum ruangan yang membuat pembeli merasa tenang setiap masuk ke warungmu. 

Ingin lebih dicintai pembeli lagi?

Selain bersih, jadikan warungmu instagramable alias nggak malu-maluin untuk diupload ke instagram, bahkan ini bisa jadi sarana promosi kamu, lho. Nggak mahal kok, kamu bisa berkreasi dengan barang bekas. Banyak tutorial di youtube untuk membuat pernik-pernik penghias ruangan. Bisa juga kamu mengecat tembok warungmu dengan warna-warna kekinian dan menambahkan poster berisi quotation penyemangat. Percayalah sedikit perubahan  yang kamu upayakan bisa berdampak luar biasa.



3. Perhatikan Lay Out dan Display Warung

Saat membuat lay out dan menata barang, sebaiknya kamu mempertimbangkan  psikologi pembeli.

 Jika warungmu kecil pastikan semua barang bisa dilihat oleh pembeli. Kelompokkan sesuai  jenisnya dengan rapi. Tonjolkan barang-barang yang ingin dihabiskan, taruh barang tersebut sejajar dengan tatapan mata pembeli sehingga begitu mereka datang mereka bisa langsung melihat barang tersebut.

Kalau warungmu cukup besar, letakkan meja kasir di dekat pintu masuk sebelah kanan. Orang cenderung akan mengedarkan pandangan ke bagian kirinya. Biarkan pandangan mereka bebas dan tidak terhalang kasir. 

Taruh rak minuman jauh dari kasir. Setelah mengambil minuman, mereka akan melewati barang-barang lain sehingga harapannya mereka tertarik untuk membeli barang tersebut.

Pajang permen, coklat, asesoris atau hal-hal impulsif lain di dekat kasir. Saat menunggu di kasir kebanyakan orang melihat-lihat, lalu mereka akan menimbang kira-kira membutuhkan hal tersebut atau tidak. Biasanya barang-barang kecil akan menarik perhatian mereka dan membuat mereka tiba-tiba ingin membeli. Hal-hal seperti itulah yang membuat seseorang berniat membeli satu barang, namun keluar warung dengan sekeranjang belanjaan.






4. Melek Sosial Media, Please!

Di era digital ini hampir semua orang punya sosial media. Di Indonesia, menurut data kominfo pengguna internet sudah mencapai 117 juta jiwa. Jangan sia-siakan kesukaan bangsa kita untuk saling sapa lewat sosial media ya. Buatlah akun FB atau Instagram, informasikan diskon warung atau giveaway lewat instagram. Upload foto-foto pelanggan setiamu. Tambahkan kisah yang memotivasi para followers. Kalau warungmu viral, wah rejeki bisa datang berjejal-jejal.




5. Pastikan Barangmu Berkwalitas dan Jadikan Warungmu "One Stop Service"

Penjual yang baik adalah penjual yang selalu mengupayakan barang yang terbaik bagi konsumen. Maka penting bagimu untuk  memiliki pemasok barang terpercaya. 

Selain itu, saat ini orang-orang menginginkan sesuatu yang cepat, praktis, dan terintegrasi. Kalau kamu ingin warungmu disebut warung pintar jadikan warungmu one stop servise. Mudahkan pembeli untuk melakukan transaksi-transaksi lain sehingga mereka tidak perlu repot berpindah-pindah tempat. Cukup lewat warungmu, semuanya beres!

Mau beli pulsa, hayuuuk. 
Mau bayar listrik? Bisa! 
Bayar asuransi kesehatan? Nggak masalah! 
Bahkan mau nge-Grab, bisa lewat warungmu.

Mungkin kamu berfikir, yah ribet, terlalu banyak hal yang harus diurus.




Percayakan semua pada KUDO (Kios Untuk Dagang Online)!




Kalau semuanya kamu kerjakan sendiri memang ribet sih dan cara seperti itu kurang smart. Saat ini adalah eranya kolaborasi. Nah, kamu bisa mengandalkan aplikasi Kudo si warung digital serba bisa untuk merdekain warungmu menjadi warung pintar. Kamu cukup menjadi agen Kudo di kotamu untuk mendapatkan segudang manfaat buat warungmu. 

 Apa aja manfaatnya?

Grosir Sembako
Dengan menjadi agen Kudo kamu bisa grosir sembako. KUDO bekerjasama dengan pemasok terpercaya yang memastikan barang-barangnya adalah barang terbaik. Tinggal pilih barangnya secara online, dan keesokan harinya pesananmu akan diantarkan. Lebih mudah dan lebih murah pastinya!

source : FB KUDO


Transfer uang
Transfer uang dengan aman bisa kamu lakukan dari warungmu. Dalam hal ini KUDO bekerjasama dengan Bank yang sudah berpengalaman dan terbukti melayani nasabah dengan baik.

source: FB KUDO


Jualan Pulsa
Bisnis pulsa itu keuntungannya "gurih" banget loh. Emang sih cuma ngumpulin seperak dua perak, tapi kalikan yuk dengan jumlah pembeli yang nggak pernah sepi. Nggak usah mikir inventaris untuk buka counter pulsa, dengan aplikasi KUDO kamu bisa memudahkan pembeli yang ingin beli pulsa bermodal smart phonemu saja.





PPOB (Payment Point Online Bank)
Setiap bulan orang-orang selalu membayar tagihan listrik, air,asuransi kesehatan, TV kabel dan sebagainya, kamu juga, kan?

Daripada harus ke kantor masing-masing untuk membayar, kenapa nggak lewat warungmu saja? Beneran, dengan KUDO kamu dan pembelimu bisa melakukan pembayaran dengan sistem PPOB dan kamu dapat keuntungan dari setiap transaksi. Enak atau enak banget? Orang lain bayar, kamu dapat untung.

Diambil dari laman resmi KUDO, Ini nih kelebihan KUDO PPOB

  1. 100% tidak dipungut biaya registrasi
  2. Loket tagihan terlengkap dan PPOB Kudo terpercaya
  3. Melayanai transaksi dengan cepat, akurat, dan full day 24 jam siang dan malam.
  4. Hanya Rp.50.000 secara otomatis sudah bisa deposit dengan tiket.
  5. Sistem penjualan KUDO tidak pasang target dan tidak ada rule saldo hangus..
  6. Konformasi direply via SMS gratis biaya transaksi
  7. Support aplikasi SMS, WA, dan Web Top UP untuk bertransakasi
  8. Modal kecil dan penjualan cukup lewat smartphone tanpa harus membuka outlet besar-besaran anda sudah berbisnis dengan tenang.
  9. Tersedia layanan pelanggan setiap hari dimulai jam 08.00 hingga 21.00 WIB untuk melayani pembeli yang mengalami permasalahan.
  10. Tiap transaksi jelas dapat komisi, bonus dan cashback
  11. Distirbutor KUDO menyediakan layanan selain PPOB. Sehingga anda bisa berjualan produk KUDO lainnya.
  12. KUDO ialah perusahaan Standar Nasional Indonesia yang mempunyai headquarter. KUDO didukung juga oleh berbagai investor baik dari dalam dan luar negeri.
source : kudo.co.id

Bayar Tagihan Telepon
Sampaikan pada pembeli, bahwa mereka nggak perlu takut tagihan telponnya membengkak. Dengan KUDO kamu bisa membantu mereka mengecek tagihan telepon secara berkala, dan mereka juga bisa bayar tagihan telepon, lewat warungmu.



Daftar Grab
Aduh, yang ini keren banget deh. Kita sama-sama tahu saat ini ojek online benar-benar menjadi solusi bagi banyak permasalahan. Salah satunya mengurangi angka pengangguran. Nah, kalau ada tetanggamu ingin daftar Grab tapi bingung, ajak aja ke warungmu. Dengan menjadi agen KUDO kamu bisa membantu orang untuk mendaftarkan diri sebagai mitra pengemudi Grab.

Keuntungannya buat kamu, semakin banyak orang yang daftar sebagai mitra pengemudi Grab lewat warungmu, semakin banyak KUDO kasih bonus setiap bulannya. Bonusnya macem-macem deh, mulai dari voucher KUDO ampai komisi yang masuk ke SPP( Saldo pulsa/PPOB)/ Saldo OVO Cash.

source: kudo.co.id


Jual Tiket Kereta
Kereta  masih menjadi moda transportasi primadona di Indonesia. 60% lebih masyarakat Indonesia lebih suka naik kereta dibanding dengan moda transportai lainnya. Sebagai agen KUDO kamu bisa loh jualan tiket kereta di warungmu. Keuntungannya antara Rp 3500,- sampai Rp 15.000,- per transaksi, bahkan bisa lebih. Yang paling seru, kamu akan jadi orang yang pertama kali tahu saat ada promosi tiket kereta. Bisa buru-buru dipakai deh diskonnya.

source: FB KUDO


Itulah sebagian keuntungan menjadi agen KUDO. Gimana nggak cepet kaya kalau semuanya dipermudah oleh KUDO?

Pasti sekarang kamu sedang bertanya-tanya, gimana sih caranya daftar jadi agen KUDO?

Ini diaaa caranyaaa... .


Nah, sekarang coba lakukan 5 tips untuk merdekain warungmu jadi warung pintar di atas ya. InsyaAllah akan ada kenaikan omzet signifikan yang cetar menggelegar sehingga hati camermu nanti ikut tergetar.

Kalau omzetmu sudah cetar, nggak takut lagi kan buat (uhuk) ngelamar pacar?

Dan percakapan pun berlanjut...


"Apa kerjaan kamu?"
"Saya punya warung, Om."
"Warung apa?"
"Warung kelontong, Om."
"Apaaaa?!!! Kamu pikir saya nggak tahu, jaman sekarang banyak warung kelontong yang mati segan hidup tak mau. Kalah saing sama olshop dan minimarket. Memangnya kamu yakin bisa ngehidupin anak saya dari warung kamu itu, hah?!"
"Emm... tenang Om, warung saya bukan sembarang warung tapi warung pintar. Omzet per bulannya  baru puluhan juta sih, tapi insyaAllah akan ada peningkatan nantinya."
"Yakin puluhan juta? Kok bisa? Nggak lagi halu kan?"
"Saya kan pejuang warung Om, dan saya sudah jadi agen KUDO."






FIN


Eiiit... tulisannya belum selesai-selesai banget. Masih ada satu saran lagi nih, cek kesuksesan pejuang warung lainnya di kanal youtube KUDO ya, biar kamu semakin terinpirasi. Para #PejuangWarung, selamat #Majuinwarung dan #Merdekainwarung!



Artikel sedang diikutsertakan dalam perlombaan Merdekain Warung Blog Competition oleh Kudo




You May Also Like

0 Comments

Diberdayakan oleh Blogger.