SiBakul Beringharjo; Sistem Pembinaan Koperasi dan Pelaku Usaha Berdaya Saing Khas Orang Jogja

by - Oktober 25, 2019



Kamu pernah nggak berjalan dalam gelap?
Apa yang terjadi?

Saat berjalan dalam gelap kita tentu akan melangkah lebih pelan, mencoba berhati-hati, dan berusaha menghindari gangguan-gangguan yang nggak kelihatan. Akibatnya kita akan lama sampai tujuan.

Atau kita berusaha berjalan normal, seperti saat terang. Sayangnya, dalam gelap kita nggak penah tahu apa yang ada di depan, sehingga kita akan sering salah langkah, tersandung dan terjatuh.

Jika dianalogikan, berjalan dalam gelap cocok sekali dengan seseorang yang melangkah tanpa ilmu. Ilmu adalah cahaya, ia yang menuntun kemana langkah kita.

Jika kita adalah seorang pengusaha yang menjalankan usaha tanpa ilmu, bisa dibayangkan kan apa jadinya?

Ummik beberapa kali buka usaha hanya bermodal semangat dan sedikit dana. Sebulan dua bulan memang bisa jalan, tapi lama-lama ternyata banyak tantangan-tantangan yang belum ummik tahu penyelesaiannya. Bagaimana cara agar usaha kita dikenal orang, bagaimana menentukan harga jual yang pas, bagaimana memanajemen keuangan, ummik bener-bener nggak tahu, dan sedihnya hal tersebut membuat langkah ummik harus terhenti.

Berbeda ketika Ummik rajin ikut pelatihan-pelatihan usaha, ilmu yang ummik dapatkan bisa membantu ummik saat stuck di satu titik.

Dan yang perlu dicamkan, ketika kita rajin belajar  masalah tidak lantas hilang begitu saja, masalah tetap ada, tapi sekarang kita jadi tahu bahwa cara menyelesaikan masalah bukan dengan berhenti tapi memperbaiki.


Saat pengusaha mau belajar, maka ia bisa memangkas waktu gagalnya dan sukses lebih cepat dari mereka yang sama sekali enggan belajar.


Yuk sukes bersama  SiBakul Beringharjo!




Nah, Ada kabar gembira nih bagi pelaku UKM Yogyakarta yang ingin lebih sukses dan  bisa survive sebagai pengusaha di era industri 4.0 yang serba digital ini.

Kini PLUT KUMKM DIY bersama Dinas Koprasi & UKM DI Yogyakarta memiliki sebuah terobosan inovatif dengan nama yang sangat ear catching, SiBakul Beringharjo. Hal ini sendiri Ummik ketahui saat kemarin jalan-jalan ke Festival UMKM Sembada di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman.

Apa itu SiBakul Beringharjo?




SiBakul Beringharo adalah Sistem Pembinaan Koperasi dan Pelaku Usaha Berdaya Saing Khas Orang Jogja. Inovasi ini berupaya untuk membuat UKM lebih terdata, terklasterisasi dengan baik sehingga mendapatkan treatmen yang tepat. Fokusnya adalah agar pelaku UKM memiliki mindset yang sama, yakni digitalisasi usaha agar bisa berdaya saing secara global. Lebih detail akan ummik paparkan di bawah ya.

Apa Yang SiBakul Beringharjo Tawarkan Pada Kita?

Pendataan KUKM yang terintegrasi




Dilansir tribunjogja.com per September 2019, DIY memiliki tiga ribu lebih pelaku UKM. Data tersebut merupakan data pelaku UKM  yang sudah memiliki izin usaha.

Nah, terkadang beberapa pelaku UKM mendaftarkan diri di banyak tempat, ada yang sudah bergabung di PLUT Sleman, tapi ikut mendaftarkan diri juga di PLUT Jogja. Hal ini membuat basis data menjadi tidak akurat.

Bukan hanya itu, dari tiga ribuan pelaku UKM tersebut, ada yang sudah lengkap semua perizinannya, ada yang masih perlu dibantu. Ada yang sudah sering ikut pelatihan dan pendampingan, ada yang baru sekali- dua kali. Ada juga yang sudah sangat melek digital, namun tak sedikit yang masih ragu untuk melebarkan sayap di dunia digital.

Oleh sebab itu, SiBakul Beringharjo mencoba untuk mengintegrasikan data yang ada sehingga nantinya akan didapatkan data utuh yang lebih akurat dan bisa diakses bersama. Data inilah yang nantinya digunakan untuk membuat klastering KUKM.

Semua bisa loh memperbarui data. Kalau kamu ingin mengupdate data usahamu atau bahkan baru saja akan mendaftarkan usahamu, kamu bisa mengisi formulir secara online di sini.

Sistem klastering KUKM




Saat sekolah dulu, kamu pernah nggak salah masuk kelas?

Seharusnya kamu duduk di kelas 2 SD tapi kamu malah salah masuk ke kelas 6 SD. Apa yang terjadi? Pasti kamu bingung dong dengan pelajaran kakak kelas yang belum pernah kamu dapatkan. Bu guru juga tidak mungkin menjelaskan ke kamu dalam waktu singkat supaya pemahamanmu bisa sama dengan pemahaman kakak kelas.

Dalam bidang usaha pun sama. Kita nggak bisa ujug-ujug ikut pelatihan optimasi GMB (Google My Bussiness) kalau cara membuat e-mail pun kita belum tahu. Gap ilmunya terlalu jauh, narasumber akan sulit menjelaskan kepada kita.

Untuk itu SiBakul Beringharjo melakukan klastering atau pengelompokan. Pelaku UKM pemula dikelompokkan dengan pelaku UKM pemula, yang intermediate dengan yang intermediate, yang sudah level advance pun dengan yang advance. Masing-masing kelas punya karakteristik berbeda, ilmu yang kita dapat juga berbeda. Pengelompokan ini tentu berdasarkan standar yang sudah ditetapkan oleh SiBakul Beringharjo.

Sehingga sebagai pelaku UKM kita nggak akan salah kelas lagi. Pendampingannya pun menjadi lebih tepat dan terarah.

Kurikulum KUKM




Setelah dikelompokkan, maka masing-masing kelas akan mendapatkan kurikulum yang sudah diformulasikan khusus berdasarkan kebutuhan kelas tersebut. Untuk kelas pemula tentu kita akan diajak untuk berkenalan dulu dengan sistem digital, bagaimana mendaftarkan diri di Google My Bussiness, bagaimana menggunakan instagram dengan baik dll. Kita juga akan diajari hal dasar mengenai branding bisnis khas Jogja, packagingnya, display saat pameran dan sebagainya. Lalu kita juga akan belajar hal-hal sederhana seputar pengaturan keuangan. Nanti di level intermediate, materi pelatihan dan pendampingannya tentu akan meningkat begitu pula level advance.

 Karena sudah ada kurikulumnya, sebagai pelaku UKM kita tinggal mengikuti alurnya saja , insyaAllah kalau rajin nanti akan lulus pendampingan dengan predikat baik yang ditandai dengan omzet nan kian melejit.

Aplikasi tatakelola KUKM

Dunia dalam genggamanmu menjadi sebuah tag line untuk kita yang bisa mengakses apapun lewat smart phone. Sebagai sistem yang mendorong pelaku UKM bermindset digital, SiBakul Beringharjo juga memiliki aplikasi tatakelola KUKM yang bisa kita akses hanya dengan sekali klik, hal ini tentu saja akan sangat memudahkan kita, bukan?

SiBakul Beringharjo


Masih ingin berjalan di kegelapan atau bersama menyalakan terang?

Semua adalah pilihan. Kita adalah manusia merdeka yang bebas memilih, mau tetap tertinggal di belakang atau sama-sama maju ke depan. Nggak ada yang bisa maksa. Ummik pun hanya bisa menghimbau. Ayo kita sama-sama menyalakan terang, lewat amanah usaha yang Tuhan titipkan pada kita. Alih-alih mengeluhkan ekonomi yang melemah, kita bisa kok berupaya untuk membuatnya makin cerah. Menurut Ummik, sistem SiBakul Beringharjo ini merupakan sistem yang sangat baik untuk memajukan usaha kita. Ia ibarat anugrah dari Tuhan untuk pengusaha yang mau belajar.

Tunggu apa lagi, daftarkan usahamu di sini, raih fasilitas ilmu dan berbagai program dari SiBakul Beringharjo, dan mari bersinar!

Kalian bisa dengar tulisan ini di soundcloud!
Ayo, ajak teman tunanetra mu turut menikmati manfaat tulisan ini. 

You May Also Like

0 Comments

Diberdayakan oleh Blogger.